Sehat itu penting !!!

Selasa, 15 November 2011

Manfaat Buah sirsak

Manfaat buah sirsak
Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sirsak adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di indonesia sendiri ada bermacam-macam sebutan bagi buah ini. Tanaman ini ditanam secara umum untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak (kantung yang asam).
Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.
Manfaat
Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan untuk membekalkan tenaga bagi kegunaan badan.Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan seseorang itu berasa lemah dan tidak semangat.
Fruktosa
Fruktosa merupakan Pemanis Yang Banyak Manfaat, Fruktosa merupakan monosakarida dan disebut sebagai gula sederhana. Fruktosa adalah gula sederhana (monosakarida) yang ditemukan di banyak jenis makanan seperti dalam buah sirsak merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa.
Vitamin C
Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit rusak akibat radikal bebas. Vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Memiliki sifat sebagai water holder (menyimpan air) sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.
Vitamin B1
Vitamin B1 mempunyai manfaat yang banyak yaitu memperlancar metabolisme, memperlancar sirkulasi darah, mengoptimalkan aktivitas kognitif dan fungsi otak, mencegah terjadinya kerusakan syaraf, memulihkan gangguan syaraf pusat dan tepi.
Vitamin B2
Vitamin B2 bermanfaat untuk mencegah turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan.
Kaya Serat
Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.
Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).
Asam askorbat
Asam askorbat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Ini berjuang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan membantu menjaga sejumlah infeksi dan gangguan di teluk.
Tidak terkira sebelumnya, ternyata manfaat buah sirsak sangatlah banyak. Untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Dan Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi. Semoga informasi berikut dapat membantu dan dapat pula bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar